Home advertisement

Travel the world

Post Page Advertisement [Top]

AgamaMudikTravel

Fenomena Mudik, apakah hanya ada di Indonesia? PART 1

Mobil macet di jalan Tol
Penampakan pemudik di salah satu Tol Indonesia

Fenomena ramadhan sangat dinanti – nantikan oleh seluruh masyarakat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Setiap tahun para muslim muslimat seluruh dunia melakukan ibadah serempak bersama sama yaitu puasa ramadhan. Lalu setelah melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan ramadhan, kita berlanjut di bulan syawal merayakan kemenangan atas puasa yang kita laksanakan, yaitu Hari Raya Idul Fitri. Lalu apakah teman teman tahu apa tradisi yang wajib dilakukan menjelang hari Raya Idul Fitri? Yappp!! Betul, yaitu melakukan mudik kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga besar.

 

Namun, apakah teman teman tahu pengertian dari mudik itu sendiri? Apa sih manfaat dari mudik? Dan bahkan apakah fenomena mudik hanya terjadi di negara kita, Indonesia? Kali ini aku akan membahas nya lebih lanjut dalam artikel ini. Selamat membaca!!!.

 

Apa sih Mudik?

 

Pasti teman – teman rajin banget nih kalo udah mau selesai puasanya, terus mau mudik, udah pasti semangat banget dongg!! Entah seneng melakukan perjalanan jauh, atau mau balik ke rumah lama tempat masa teman teman masih anak anak ataupun hanya sekedar ingin melakukan liburan. Tapi apakah teman teman tahu apa sih pengertian dari mudik itu sendiri?

 

Mudik itu sendiri menurut KBBI berarti pulang kampung, suatu kegiatan perantau / pekerja migran untuk pulang ke kampung halamannya masing – masing. Nahh!! Secara sederhana mudik berarti seorang/ sekelompok orang yang melakukan perjalanan kembali ke kampung halamannya.

 

Unsur – Unsur Mudik

 

Selanjutnya ni aku akan membahas mengenai apa sih unsur – unsur dari mudik itu sendiri? Unsur berarti hal – hal yang berkaitan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kegiatan mudik itu sendiri. Apa aja sih? Yuk dimareee!!

-        Pemudik (Pelaku yang melakukan perjalanan mudik

-        Sarana Prasara Mudik (Baik transportasi umum/pribadi, jalan, laut, udara, Tol, dan lain sebagainya)

-        Tujuan Pemudik (tujuan akhir dari pemudik, baik tempat wisata maupun kampung halaman masing – masing)

-        Pihak berwajib (Orang / organisasi yang bertanggung jawab dalam mengatur kelancaran kegiatan mudik selama berlangsung seperti polisi, Kementrian Perhubungan, ASDP, dan lain sebagainya.)

 

Kapan sih terjadinya Mudik?

 

Nahh ini pertanyaan yang kadang masyarakat pada umumnya menjawab ketika menjelang perayaan hari raya Idul Fitri, tetapi ternyata tak sedikit juga yang melakukan mudik ketika perayaan hari raya keagamaan maupun nasional lain. Seperti perayaan Natal dan Tahun Baru, serta imlek. Namun, hype dari mudik itu tidak sebesar ketika perayaan hari raya Idul Fitri.

 

Mungkin sekian dari artikelku mengenai mudik, mari dilanjut di PART 2 yakk!!!

 

THANK YOU!!!

 

Disclamer, terima kasih untuk pembaca setia ku monggo berkenan untuk komen di bawah mengenai kekurangan dari artikel saya, semoga berkenan 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib